Categories
Dunia Ponsel

Samsung Buat Casing Ponsel Antivirus Corona

Hingga kini, para ahli memang belum menemukan vaksin penangkal Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona. Namun vendor ponsel Korea Selatan, Samsung nampaknya menemukan solusi untuk mencegah penyebaran virus jenis ini.

Samsung dikabarkan tengah mengembangkan casing smartphone dengan lapisan khusus antimikroba. Lapisan antimikroba ini dipercaya Samsung mampu mencegah penyebaran bakteri, dan dianggap efektif melawan penyebaran virus corona

Ini bisa menjadi salah satu langkah pencegahan. Pasalnya, smartphone pada umumnya menjadi sumber bakteri atau virus, lantaran menjadi perangkat yang sering dipegang. Lapisan antimikroba ini memastikan bakteri atau virus tidak akan menempel.

Berdasarkan penelitian yang sebelumnya sudah ada, disebutkan bahwa pengguna yang memakai casing dengan lapisan antimikroba ini akan terbebas dari virus selama 90 hari.

Paten casing ponsel dengan lapisan antimikroba ini telah didaftarkan Samsung dengan nama “Antimicrobial Coating” pada 30 Juni 2020 lalu. Pendaftaran paten ini dilakukan Samsung di sejumlah negara, seperti Inggris, Spanyol, Italia, dan Swiss.

Dihimpun dari Let’sGoDigital, Senin (6/7/2020), Samsung pun turut mendaftarkan hak paten, logo, dan informasi lainnya terkait casing antimikroba tersebut.

Baca juga : Bocoran Waktu Rilis 3 Smartphone Flagship Baru Samsung

Dalam deskripsi paten dijelaskan bahwa, casing antimikroba ini diperuntukkan sebagai pelindung perangkat smartphone dan tablet.

“Ponsel yang kita pegang berpotensi membawa partikel virus. Dengan lapisan antimikroba pada casing ponsel, maka penyebaran bakteri dapat dicegah secara efektif,” tulis Samsung dalam sebuah pernyataan.

Lapisan antimikroba ini sebenarnya bukan hal baru, sebelumnya beberapa rumah sakit juga telah memanfaatkan teknologi ini untuk membunuh mikroba yang tidak diinginkan, serta melakukan denaturasi protein.

Menurut rumor yang beredar, Samsung akan merilis casing smartphone dengan lapisan antimikroba ini bersamaan dengan peluncuran flagship Galaxy Note 20.

Kendati begitu, hingga saat ini Samsung belum mengonfirmasi kabar peluncuran perangkat dimaksud, kita nantikan saja.