Categories
Dunia Ponsel

Peluncuran Chipset Kirin 5nm Huawei Tertunda

Huawei dilaporkan telah memutuskan bakal menunda peluncuran chipset Kirin 5nm. Hal ini karena belum tersedianya chip pintar tersebut.

TSMC selaku pemasok chip, terus didesak Huawei agar bisa mengirim pesanan sesegera mungkin. Menurut sumber industri yang dekat dengan masalah tersebut, raksasa teknologi China itu melakukan langkah ini untuk menjaga tetap ‘low profile‘, sementara masih menerima pesanan mereka tepat waktu sebelum batas waktu AS.

Baca juga:  Eksklusif di JD.ID Laptop Huawei MateBook D15

Sementara, sumber mengklaim bahwa Huawei telah menentukan secara internal yang mengatakan mereka tidak akan mengumumkan chip Kirin 5nm barunya pada konferensi IFA 2020, dan sedang menunggu pengiriman pesanan chip dari TSMC.

Saat ini, pembuat chip kontrak terbesar di dunia bekerja sepanjang waktu untuk mengirimkan pesanan dalam jumlah besar sebelum batas waktu 14 September 2020. Setelah itu mereka tidak dapat lagi menerima pesanan tambahan Huawei.

Seluruh situasi ini menunjukkan dampak mengerikan dari tindakan keras AS terhadap Huawei. Pemerintahan Trump tidak hanya memotong pasokan chipnya tetapi juga telah mereformasi peraturan tertentu untuk memutus rantai pasokan perusahaan yang juga melibatkan teknologi buatan Amerika.