Categories
Dunia Ponsel

Nokia Kebut Ketersediaan Teknologi Open RAN

Nokia meningkatkan adopsi interface Open RAN (O-RAN) pada portfolio AirScale-nya. Peningkatan terhadap portfolio radio access network (RAN) ini bertujuan untuk memungkinkan suatu inovasi open ecosystem dan supply chain telekomunikasi yang kuat, sambil memastikan terus memastikan kualitas dan keamanan jaringan kelas dunia.

Kemampuan O-RAN baru ini, yang termasuk open interface, akan dibangun diatas software AirScale Nokia yang telah ada, menyediakan performansi yang sama-sama berkualitas tinggi, fungsionalitas yang bisa dikembangkan dan standar keamanan yang kokoh dari produk radio Nokia saat ini.

Dengan menggunakan pendekatan menciptakan open interface diatas solusi yang telah ada, Nokia turut menyiapkan asitektur jaringan masa depan, terlepas dari apakah cloud service provider (CSP) akan memilih jalur O-RAN atau tidak.

Rangkaian awal fungsi O-RAN akan tersedia tahun ini, sementara rangkaian lengkap O-RAN-defined interface diharapkan akan tersedia pada 2021.

Sebagai satu-satunya penyedia RAN global yang berkomitmen mengembangkan O-RAN, dipercepatnya investasi Nokia dan komitmen kuat terhadap O-RAN lebih meningkatkan kepercayaan CSP, regulator dan pembuat keputusan politik, bahwa mereka dapat memanfaatkan keterbukaan untuk mengamankan supply chain telekomunikasi mereka, tanpa perlu memikirkan persaingan dan/atau keamanan infrastruktur 5G mereka.

Nokia telah membuat investasi signifikan dalam O-RAN dengan memimpin penggelaran awal RAN Intelligent Controller (RIC) dan fronthaul terbuka.

Nokia juga baru saja mengumumkan portfolio AirScale Cloud RAN generasi selanjutnya.

Baca juga : Nokia 2.4 Nampak di Geekbench, Didukung MediaTek Helio P22

Dikarenakan solusi Nokia menggunakan bagian software yang sama pada RAN, Cloud RAN dan O-RAN, pelanggan Nokia akan memanfaatkan fleksibilitas terakhir untuk mendefinisikan arsitektur jaringannya tanpa mengurangi fitur, kualitas, atau keamanan jaringan.

Tommi Uitto, President of Mobile Networks Nokia, mengatakan, “Nokia berkomitmen untuk memimpin masa depan open mobile dengan berinvestasi pada solusi Open RAN dan Cloud RAN dengan tujuan menghadirkan ekosistem telekomunikasi yang kokoh dengan kualitas jaringan dan keamanan yang kuat. Solusi Cloud RAN Nokia memimpin pasar dan terus berkembang menjadi sebuah arsitektur cloud-native. Kami punya skala dan kemampuan untuk menyesuaikan dengan permintaan pelanggan untuk teknologi ini, didukung dengan kualitas dan kemaanan jaringan kelas dunia yang hanya bisa diberikan oleh Nokia.”

Joe Madden, Principal Analyst Mobile Experts, mengungkapkan, “Beberapa operator saat ini telah berkomitmen pada Open RAN, dikarenakan O-RAN dapat meningkatkan fleksibilitas. Operator-operator baru juga sangat percaya pada Open RAN dan vendor hardware alternatif melalui jaringan mereka,dan operator lama menggunakan O-RAN untuk menciptakan peluang-peluang bagi produk baru yang inovatif untuk menyesuaikan terhadap jaringan mereka yang kompleks. Tren keseluruhan ini memperkuat ekosistem dan memungkinkan radio spesialisasi untuk menyesuaikan dengan aplikasi-aplikasi yang sangat beragam. Nokia merupakan vendor besar satu-satunya yang berkomitmen secara penuh secara aktif mengembangkan O-RAN interface, memastikan bahwa solusi 5G RAN akan mendukung ekosistem terbuka di masa depan yang dibutuhkan oleh para operator.”