Categories
Dunia Ponsel

Malware Joker Datang Lagi ke Google Play Store

Awal bulan September lalu, peneliti keamanan Cyber dari Pradeo dalam situs resminya menginformasikan bahwa ada enam aplikasi di Google Play Store di susupi malware Joker. Total jumlah unduhan dari 6 aplikasi jahat mencapai 2 juta kali unduhan.

Belum satu bulan, perusahaan keamanan Cyber bernama Zscaler menemukan 17 aplikasi mobile berbagai di Google Play Store terinfeksi malware Joker.

seperti dikatahui, Malware Joker bukanlah masalah baru bagi Google, Joker menyusup aplikasi Android, dan dilaporkan dapat mencuri uang. Malware ini menampilkan dirinya sebagai langganan premium.

Joker bisa mencuri pesan SMS, daftar kontak, dan informasi perangkat si pengguna. Malware ini juga secara diam-diam bisa mendaftarkan perangkat untuk berlangganan layanan premium sehingga merugikan korban.

Baca Juga : Joker Datangi Enam Aplikasi di Google Play Store

Joker diketahui menyasar pengguna di 37 negara, Indonesia salah satunya, dan negara lainnya adalah Australia, Austria, Belgia, Brasil, China, Cyprus, Mesir, Prancis, Jerman, Ghana, Yunani, Honduras dan India.

Joker berinteraksi dengan website iklan-iklan untuk menghasilkan klik palsu dan mendaftar layanan premium tanpa sepengetahuan korban.

Berikut 17 Aplikasi yang Terinfeksi Malware Joker

1. All Good PDF Scanner
2. Mint Leaf Message-Your Private Message
3. Unique Keyboard – Fancy Fonts & Free Emoticons
4. Tangram App Lock
5. Direct Messenger
6. Private SMS
7. One Sentence Translator – Multifunctional Translator
8. Style Photo Collage
9. Meticulous Scanner
10. Desire Translate
11. Talent Photo Editor – Blur focus
12. Care Message
13. Part Message
14. Paper Doc Scanner
15. Blue Scanner
16. Hummingbird PDF Converter – Photo to PDF
17. All Good PDF Scanner