Categories
Ponsel Murah

Cara Memperbaiki Speker Ponsel Yang Sember

Speker adalah salah satu komponen yang paling penting pada ponsel, mulai dari mendengar kan music atau menonton film, untuk keperluan menelepon, DLL yang memerlukan komponen yang satu ini, tapi apa jadi nya jika speker pada ponsel kalian rusak dan sember atau suara yang di keluar kan pecah?, sudah pasti ini akan sangat menganggu sekali pada saat kalian menggunaka ponsel kalian.

Dan masalah pada speker tersebut mungkin saja terjadi pada semua jenis ponsel android, dan dari mana kerusakan tersebut bisa terjadi?, sebenar nya hampir ada 80% masalah ini berasal dari komponen ponsel nya itu sendiri, bisa saja kualitas speker yang buruk pada ponsel nya, IC Audio, dan mungkin bisa saja dari IC Power pada ponsel kalian.

Baca juga : Cara Membersihkan Lensa Kamera Ponsel

Sedang kan untuk penyebab dari kerusakan komponen-komponen tersebut bisa di akibat kan dari factor berikut :

  • Rusak terkena air, mungkin kalian pernah lupa untuk memindah kan ponsel kalian ketika kalian dalam perjalanan dan hujan turun saat di perjalanan, atau mungkin tekena tumpahan air pada saat kalian minum.
  • Efek akibat menyambungkan posel kalian ke speaker aktif yang memiliki tegangan tinggi.
  • Temperatur ponsel sering terlalu panas.
  • Factor usia posel kalian yang sudah terlalu lama.

Pada artikel berikut ini kami akan memberikan beberapa cara untuk memperbaiki speaker ponsel kalian.

Perbaiki Lewat Pengaturan Sistem

Hal pertama yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki speaker pada ponsel kalian adalah dengan mengunakan pengaturan dari system ponsel itu sendiri , jika ponsel kalian masih bisa di pakai untuk mendengar kan music kalian bisa mengunakan cara ini.

  • Pertama kalian membutuh kan 1 aplikasi yaitu MXPlayer.
  • Jika sudah memiliki nya kalian bisa pilih menu yang ada di bagian kanan atas >pilih Pengaturan>Audio>kemudian centang Pemutar Audio.

  • Lalu coba putar music menggunakan aplikasi MXPlayer, klik pada icon Audio>kemudian centang opsi Gunakan Dekoder Audio SW.

  • Atur volumenya sampai kira-kira suara pecah nya sudah tidak terlalu terdengar.

Memindahkan Speaker Utama ke Speaker Kedua

 

Apakah kalian tahu jika sebenar nya speaker ponsel pada android itu ada dua buah?

Ada speaker utama (untuk mendengar kan music) da nada speaker ke dua (untuk fungsi Telepon)

Dengan demikian, kalau speaker utama kalian suara nya pecah kalian bisa mengalihkan nya ke speaker kedua yang biasa memiliki fungsi hanya untuk telepon saja, dan kalian juga bisa menonaktifkan speaker utama kalian jika kalian ingin menggunakan speaker kedua pada ponsel kalian.

Caranya :

  • Pertama kalian bisa istal aplikasi SoundAbout.
  • Lalu pilih opsi pada aplikasi SoundAbout Service ke ON – With Status.

  • Kemudian, pilih menu Media Audio > ganti pengaturan dari Speaker ke Earpice.

Dan jika sudah kalian pindah kan kalian bisa lakukan pengecekan untuk speaker kedua kalian apakah suara nya masih pecah atau tidak, jika tidak pecah maka FIX speaker utama kalian butuh di ganti dan jika kalian tidak memiliki dana untuk memperbaiki speaker utama kalian, mungkin kalian bisa gunakan speaker kedua kalian untuk sementara waktu.

Ganti Komponen yang Rusak

Dan langkah terahir jika kedua cara di atas tidak bekerja adalah dengan menganti komponen pada Speaker ponsel kalian, apalagi jika umur dari ponsel kalian sudah terbilang tua.

Dan untuk harga komponen, baik itu IC Audio, IC Power, maupun komponen speaker nya sendiri , tidak begitu mahal, biasa nya untuk komponen-komponen tersebut di bawah harga 100ribu tergantung dari jenis ponsel nya.

Dan untuk cara menganti komponen tersebut kalian bisa membongkaar ponsel kalian, namun untuk membongkar nya kalian membutuh kan pengalaman untuk membongkar komponen tersebut, agar pada waktu kalian menghidup kan ponsel kalian tidak akan terjadi masalah lain akibat pengantian komponen tersebut.

Jika kalian ragu dengan membongkar ponsel kalian, kalian bisa membawa nya ke tukang service agar langsung di gantikan komponen tersebut oleh ahli nya, biasa nya untuk pengantian komponen ini tidak memerlukan waktu yang lama jika tukang service ponsel langsung menangani ponsel kalian.

Gunakan Beras Jika Ponsel Kalian Terkena Air

Dan ini cara khusus untuk kalian yang suara ponsel nya pecah karena terkena air setelah terkena hujan atau terkena air, tujuan agar air yang tersisa pada komponen ponsel termasuk speaker bisa di keringkan dengan cara ini sudah terbukti sangat berpengaruh.

Untuk caranya sendiri, kalian hanya perlu lepas casing ponsel, baterai,slot kartu sim, dan lain-lain, kemudian kalian bisa kubur ponsel kalian di dalam beras tersebut sampai ponsel kalian kering, jika sudah kalian bisa memasang kembali komponen yang sudah kalian lepas kan dari ponsel kalian lalu hidup kan kembali ponsel kalian dan kalian bisa tes speaker kalian.

Dan itu lah beberapa cara untuk memperbaiki suara speaker ponsel kalian yang sember atau pun terdengar pecah , semoga bisa membantu kalian untuk mencari solusi menangani suara sember pada ponsel kalian.