Categories
Dunia Ponsel

Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp di Android dan iOS

Bagi semua pengguna WhatsApp, ada kabar gembira. Aplikasi pesan itu secara resmi meluncurkan mode gelap (dark mode) untuk semua pengguna Android dan iOS (iPhone). Hal ini diumumkan WhatsApp lewat akun Twitter resmi mereka.

Seperti pada versi beta, dark mode WhatsApp ini memang tidak sepenuhnya menggunakan warna hitam. WhatsApp memilih menggunakan warna abu-abu gelap karena menurut hasil pengetesan, penggunaan warna hitam pekat dan putih bisa menyebabkan kelelahan mata.

“WhatsApp menemukan selama masa uji coba, penyatuan warna hitam dan putih murni alami menghasilkan kontras yang tinggi, sehingga mengakibatkan kelelahan pada mata,” tulis WhatsApp dalam keterangannya.

Baca juga: HP Black Market Resmi Diblokir !!

Dalam mengaktifkan mode gelap, pastikan WhatsApp yang digunakan di Android dan iOS pengguna sudah menggunakan versi terbaru. Di iOS, WhatsApp teranyar adalah versi 2.20.30. Sementara di Android, versi terbarunya yakni 2.20.69.

Bagi pengguna Android 10 dan iOS 13, mode gelap WhatsApp akan secara otomatis langsung aktif begitu pengaturan mode gelap diaktifkan di pengaturan sistem.

Untuk pengguna iOS 13, bisa mengaktifkan mode gelap dengan cara berikut:
– Klik Setting (pengaturan)
– Klik Display & Brightness (layar & kecerahan)
– Pilih tema Dark (gelap)

Setelah memilih mode gelap di pengaturan, WhatsApp akan otomatis berubah menjadi dark mode. Sebab, tidak ada pengaturan mode gelap manual untuk pengguna iPhone.

Bagi pengguna Android 9 dan versi yang lebih lawas, dark mode bisa diaktifkan secara manual dengan langkah-langkah berikut.
– Klik Setting (Pengaturan)
– Pilih Chat
– Pilih Theme (Tema)
– dan pilih Dark

Mode gelap WhatsApp sudah tersedia untuk pengguna di Indonesia untuk pengguna iOS yang sudah menggunakan iOS 13. Namun, pembaruan ini sepertinya belum menyambangi pengguna Android di Indonesia.