Categories
tips dan trik ponsel

Cara Aktifkan Dark Mode Google Chrome pada Android Anda

Pada Awal tahun ini, Google diinformasikan tengah menggarap fitur mode gelap (dark mode) untuk peramban miliknya di ponsel berbasis Android. Kini, fitur tersebut sudah bisa dinikmati oleh pengguna Google Chrome di ponsel kita yang menjalankan sistem operasi Android.

Adapun beberapa tahap yang dibutuhkan untuk mengaktifkan mode gelap (dark mode) tersebut. Berikut langkah-langkahnya
– Buka aplikasi Google Chrome
– Ketik “chrome://flags” pada bagian pencarian, lalu tekan enter
– Ketik “Android Chrome UI dark mode” pada kolom pencarian di dalam Google Chrome Flag, lalu tekan enter
– Ubah pengaturan pada “Android Chrome UI dark mode” dari default menjadi enabled
– Buka ulang aplikasi Google Chrome
– Masuk ke bagian pengaturan, lalu aktifkan fitur mode gelap

Harus diakui, langkah-langkah yang harus dilakukan cukup panjang untuk sekadar membuat tampilan peramban ini menjadi gelap. Hal ini dikarenakan dark mode pada Google Chrome untuk ponsel berbasis Android ini belum final.

Baca juga: Perbedaan dan Persamaan Huawei P40 Pro dengan Huawei P40 Pro+

Bahkan, mode ini sepertinya hanya menghitamkan tampilan utama dan pengaturannya saja. Saat masuk ke hasil pencarian, tampilannya sudah putih bersih lagi, dengan hanya tab URL hanya masih hitam.

Masalah terbesar yang mungkin Anda perhatikan adalah teks hitam pada latar belakang abu-abu gelap. Ini ada di menu tab switcher, dan untuk beberapa pengguna, di halaman “Artikel untuk Anda”. Bug yang lebih kecil adalah kenyataan bahwa bilah navigasi tetap putih meskipun aplikasi dalam mode gelap.

Pada Chrome versi pra-stabil, tampaknya Google sedang menguji versi perpanjangan dari tema yang juga membuat beberapa situs web gelap. Ini dapat menyebabkan masalah teks gelap yang sama pada latar belakang gelap, dan ada masalah lain di mana gambar dapat muncul dalam warna terbalik dari waktu ke waktu.

Jika bug ini adalah pelanggar kesepakatan, Anda dapat menonaktifkan mode gelap dengan kembali ke menu pengaturan Chrome, memilih Mode Gelap, lalu mematikan sakelar. Google kabarnya akan memperbarui panduan ini dengan info baru karena fitur menjadi lebih dapat diandalkan.