Categories
Dunia Ponsel

5 Mitos Seputar Baterai HP

Di zaman modern seperti saat ini, smartphone menjadi salah satu benda yang amat penting. Sebab, keberadaan ponsel pintar itu terbukti membuat segala macam aktivitas menjadi mudah. Dengan smartphone, komunikasi dengan orang lain yang berada di seluruh penjuru dunia menjadi lebih mudah.

Berbagai fitur canggih di smartphone itu bisa diakses bila daya baterai terisi. Sayangnya, kapasitas baterai yang terbatas kerap membuat kesal. Bayangkan saja, bagaimana jika ponsel pintar itu mati di saat yang sangat penting? Menyebalkan bukan?

Satu-satunya solusi ampuh untuk mengatasi masalah itu adalah dengan mengecas ponsel agar bisa menyala dan digunakan kembali. Tapi, ada beberapa anggapan bahwa memakai ponsel sembari dicas membuat baterai cepat rusak. Hal itu tentu membuat banyak orang bingung.

Meski sangat sering terdengar, anggapan tersebut tak sepenuhnya benar. Bahkan, anggapan itu bisa dikatakan sebagai mitos. Mau tahu mitos menyesatkan lainnya tentang hal-hal yang merusak baterai smartphone? Simak ulasannya berikut ini:

Terlalu sering mengecas

Banyak orang beranggapan terlalu sering mengecas justru akan merusak baterai. Padahal, anggapan tersebut jelas salah kaprah. Rata-rata, ponsel pintar saat ini dibekali dengan baterai model terbaru yang berkualitas. Menurut beberapa pakar, baterai tersebut bisa bertahan selama lima tahun dalam keadaan normal. Bahkan, mengecas baterai terlalu sering tidak akan merusak baterai.

Baca jua : Izin Memiliki Ponsel Pada Anak

Memakai pengecas tiruan

Charger berkualitas buruk memang berbahaya untuk ponsel. Tapi, bukan berarti kalian harus selalu memakai pangecas bawaan ponsel untuk mengisi baterainya. Sebab, kabel USB apapun bisa dipakai untuk mengecas baterai. Tapi, perhatikan kemampuan kabel tersebut dalam menyalurkan arus listrik. Namun, khusus ponsel yang dibekali fitur fast charging lebih baik diisi dengan kabel charger bawaan.

Mengecas kelamaan

Mengecas ponsel semalaman tidak akan merusak ponsel. Sebab, ketika kapasitas baterai telah penuh, maka ponsel akan berhenti melakukan pengisian daya. Hal itu jelas mematahkan anggapan yang salah tentang kebiasaan mengecas semalaman yang membuat baterai cepat rusak.

Memakai ponsel ketika dicas

Memakai ponsel saat dicas juaga dianggap akan membuat baterai cepat rusak, juga salah kaprah. Kebiasaan itu memang membuat ponsel panas karena suhu baterai meningkat. Tapi, pemakaian ponsel saat dicas tidak akan membuat baterai rusak. Sebab, ponsel tetap akan bekerja secara optimal dalam keadaan dicas maupun tidak.

Baterai harus diisi penuh

Banyak orang beranggapan baterai ponsel harus terisi penuh sebelum dipakai. Tapi, pada kenyataannya hal itu tidak begitu berpengaruh pada kinerja ponsel. Justru sebaiknya hentikan pengecasan saat prosentase daya berada di angka 80 persen. Tidak perlu menunggu sampai penuh, ponsel kalian tetap akan bekerja secara optimal.

Itulah beberapa mitos tentang baterai ponsel yang sampai saat ini masih dipercaya. Tapi, jangan khawatir bila smartphone terlanjur rusak. Itu tandanya kalian harus segera beli smartphone dengan harga terbaik. Sebab, kalian tentu akan mengalami berbagai masalah ketika tidak memakai smartphone.