Categories
Dunia Ponsel

5 Fitur ios yang Disalinkan ke Android 11

Google sudah merilis sistem operasi terbaru, Android 11 Beta. Sekarang, sistem operasi itu sudah tersedia bagi jajaran smartphone Pixel.

Android 11 Beta membawa perbaikan baru, meliputi nagivasi, kemampuan multitasking, dan yang lainnya. Namun, meski terbilang baru, sejumlah fitur Android 11 Beta sama dengan sistem operasi milik Apple, iOS.

Penasaran apa saja fitur yang serupa dengan iOS?

Berikut 5 fitur Android 11 Beta yang sama dengan di OS, sebagaimana dilaporkan dari The Verge.

1. Smart Home Control

Salah satu perubahan baru yang paling mencolok di Android 11 adalah kehadiran fitur smart home control. Khusus di iOS, Appl menyebutnya ‘Home Kit’, yang sudah hadir sejak iOS 10. Baik Smart Home Control maupun Home Kit, memiliki fungsi serupa, yaitu pengguna dapat dengan mudah mengontrol perangkat smart home hanya melalui tombol daya.

2. Native Screen Recording

Implementasi dalam Android 11 beta saat ini sangat mirip dengan iOS, di mana fitur ini diakses melalui menu Pengaturan Cepat (versi PusatKontrol Android).

Baca juga: Oppo, Pertama yang Gunakan Android 11 Beta

3. Media Switching Control

Khusus di iOS, fitur ini bernama AirPlay. Sedangkan, Google menyebutnya Media Switching Control. Ini menjalankan fungsi serupa, yaitu memungkinkan pengguna dengan mudah beralih ke output media eksternal hanya dengan drop-down saja.

4. One Time Permission

Fitur yang sudah diperkenalkan pada iOS 13 tahun lalu juga akan segera hadir di Android 11. Sehingga, pengguna Android nantinya bisa membatasi izin pengembang aplikasi untuk mengakses fitur tertentu, seperti kamera, microphone dan lokasi sebanyak satu kali saja, bukan untuk jangka panjang.

5. Screenshot Interface

Android 11 menghadirkan antarmuka screenshot yang mirip dengan UI yang diperbarui dan diperkenalkan di iOS 11. Nantinya ketika pengguna melakukan screenshot, pratinjau bakal muncul di sisi bawah layar dan juga memungkinkan pengguna untuk mengedit hanya dengan mengetuknya.